nat @liachristiedon't pray in my school and i won't think in your church

1 membangun kebiasaan

nat to jurnal — Tags:  

Pernah gak, kepengeen banget punya suatu kebiasaan positif tertentu, tapi ketika sudah mencoba melakukan kebiasaan itu, ternyata hanya bisa bertahan kurang dari satu bulan atau bahkan hanya sekian hari? Sampai benci pada diri sendiri mungkin… kita berpikir, kenapa sih??

Ini ada berita baik untuk Anda dan saya.

Ternyata, cara yang paling efektif untuk membuat sesuatu menjadi kebiasaan, adalah dengan melakukan sesuatu itu selama 30 hari berturut-turut, tanpa boleh bolong satu hari pun.

Contoh, kalau saya ingin punya kebiasaan minum 5 gelas air putih setiap pagi setelah bangun tidur, maka saya harus minum 5 gelas air putih setiap pagi setelah bangun tidur, selama 30 hari berturut-turut. Pada hari ke-31, saya akan secara otomatis minum 5 gelas air putih, tanpa merasa ada paksaan lagi.

Kalau saya ingin punya kebiasaan yoga 1 jam setiap pagi, maka saya harus yoga 1 jam setiap pagi selama 30 hari berturut-turut, maka pada hari ke-31 saya akan otomatis melakukan yoga tanpa merasa malas atau terpaksa.

Kalau saya ingin terbiasa belajar TOEFL di rumah setiap malam, maka saya harus belajar TOEFL di rumah setiap malam selama 30 hari berturut-turut, dan pada hari ke-31 saya akan secara otomatis belajar TOEFL tanpa merasa kesulitan.

Syaratnya, tidak boleh bolong satu hari pun. Kalau bolong, dijamin 100% pasti tidak akan bisa menjadi kebiasaan, bahkan lama-kelamaan bisa hilang dengan sendirinya.

Masa’? Itu ada penelitiannya, kata mas inspirator sukses mulia di siaran motivasi minggu lalu.

Hmm… saya ga usah ngomong banyak-banyak dulu sekarang. Baca aja lebih lengkap uraian materinya ini, dan kalau perlu bukti, silakan coba saja. Target pertama saya untuk saat ini (katanya maksimal dua untuk percobaan pertama) adalah dua poin di atas, yoga dan belajar TOEFL.

Bikin ahhh… 31 hari dari hari ini, apakah sudah menjadi kebiasaan?

1 Comment »

  1. Cateeeeeet…
    Btw, gimana kebiasaan “curhat” dengan Yang Diatas?
    Bisa dijadiin kebiasaan ga ya?
    Abis masih sering bolong2 kan? :-D
    SP said,
    ouch. yang ini nih agak2 sulit kayanya… xixixi…

    [Reply]

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment

CommentLuv Enabled
:D :) :( :o 8) :eek: ;-( :grin: :wink: :arrow: :idea: :?: :!: :evil: O:) :-| :-* :-(( :poke: :love: :tired: :emotion: :party: :clown: :worried: X( :p